Ad Code

Sejarah Dan Mitos Alas Purwo Banyuwangi

Alas purwo ini berlokasi di dua kecamatan yaitu kecamatan tegal dlimo dan kecamatan purwoharjo, dan alas purwo ini termasuk wilayah taman nasional. Alas Purwo, alas yang memiliki luas sebesar 434 km ini merupakan salah satu taman nasional terbesar di indonesia yang menampung ribuan flora dan fauna di pulau jawa. Selain dikenal dengan cagar alam yang indah. Alas Purwo juga dikenal dengan hutan terangker dan menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. penduduk setempat percaya bahwa ditempat ini tempat berkumpulnya jin seantero nusantara.
Konon sejak sebelum masa penjajahan tidak ada satu orang manusia pun yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki Alas Purwo. bahkan manusia yang meninggal di tempat ini tidak bisa ditemukan jasadnya. Bagi yang bisa keluar dengan selamat dari tempat ini maka akan mendapatkan musibah dan kecelakaan. Karena mitos gaib yang melegenda, banyak orang datang kesini untuk menimba ilmu gaib dan bertapa di sini. Lebih dari 40 goa terdapat di tempat ini. dan hampir semuanya dihampiri orang untuk melakukan pertapaan.
Gapura masuk Alas Porwo
 
Bagi warga banyuwangi ataupun para penelusur dunia lain alas purwo ini terkenal sangat angker, sebagian orang meyakini bahwa di alas purwo ini terdapat kerajaan jin yaitu tempat berkumpulnya para mahluk halus jin dan sebangsanya , dialas purwo bayuwangi ini juga terdapat sebuah pura yang terletak di tengah alas, tidak heran jika setiap tahunnya banyak pengunjung umat hindu dari bali dan banyuwangi berkunjung ke pura ini, bahkan pada hari hari tertentu seperti tanggal 1 suro (tahun baru islam) banyak warga yang datang ke alas purwo ini untuk bersemedi mencari wangsit, kesaktian bahkan pesugihan.
 
Pura didalam Alas Purwo
 
Salah satu goa yang terkenal adalah Goa Istana. katanya goa ini pernah dikunjungi oleh presiden pertama indonesia yaitu Soekarno untuk bertapa dan mencari ketenangan. menurut cerita rakyat setempat disinilah bung karno bertemu dengan penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. pada jaman dahulu disinilah para raja raja berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri. goa ini yang paling sering dikunjungi untuk bertapa ataupun mencari ilmu ghaib. menurut pandangan dari seorang paranormal. goa ini di jaga oleh dua prajurit bertubuh besar. dan banyak makhluk dari bangsa jin yang tinggal disini. dan di goa ini jugalah pusat dari alas purwo. bagaikan sebuah kerajaan. disinilah keratonnya.
Goa Istana
 
di “alas purwo” banyuwangi ini juga terdapat sebuah makam yaitu makam mbah dowo. Makam ini memiliki panjang kurang lebih 7 meter  yang terletak di tepian alas purwo, di tempat inipun kerap digunakan sebagai tempat bertapa . makam yang memiliki panjang 7meter ini bukanlah makam jasad manusia melainkan tombak pusaka milik EMPU BARADA yang dititipkan kepada suryo bojonegoro untuk diserahkan kepada RAJA KLUNGKUNG yang akan dipergunakan sebagai senjata untuk melawan seorang janda berilmu hitam yaitu CALON ARANG, namun suryo bojonego melanggar amanah tersebut dan membuka pusaka sebelum  sampai di istana, karna hal itulah tombak pusaka tersebut kembali ketanah dan tidak bisa di ambil kembali dan ahirnya suryobojonegoropun menghabiskan sisa hidupnya untuk menjaga benda pusaka tersebut. Makam mbah dowo ini mempunyai kekuatan yang sangat tinggi sehingga di jaga oleh penjaga yang layaknya seperti prajurit.
Makam Mbah Dowo
 


from Merah Putih http://ift.tt/2s4puDk
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu